Wednesday, January 9, 2008

Volkswagen Type 181

Volkswagen Tipe 181, atau yang lebih dikenal sebagai Safari di Indonesia, atau the Thing di Amerika, adalah sebuah mobil yang diciptakan buat pasar sipil pada tahun 1960'an dari rancangan Tipe 82 Kubelwagen yang digunakan Pasukan Jerman sebagai kendaraan angkutan ringan (light field transport vehicle) pada Perang Dunia ke 2. Sedangkan Tipe 82 dibuat dari rancangan platform casis KDFwagen (kekuatan melalui kegembiraan - strength through joy), sebuah "mobil rakyat" produksi masal untuk keluarga-keluarga Jerman yang dirancang oleh Ferdinand Porsche, sesuai dengan permintaan Adolf Hitler (bukan dia yang merancang VW). Pada saat kekuatan militer Jerman ditingkatkan pada tahun 1930'an, sebuah mobil militer dari platform KDF dirancang pada tahun 1934. Tetapi baru pada bulan Januari 1938 Militer Jerman memberikan spesifikasi khusus pada Porsche untuk sebuah mobil yang kemudian dinamakan Tipe 62. Porsche kemudian memanggil Perusahaan Trutz dari Gotha untuk merancang khusus badan kendaraan yang ringan untuk dipakai di platform KDFwagen, dan dua prototip dibuat pada bulan Februari 1938.

Salah satu prototip memiliki bentuk yang serba bundar, sedangkan yang satu lagi lebih ke-kotak-kotak-an. Kedua-duanya menyimpan ban serepnya di ruang bagasi depan. Tetapi kedua model tersebut ditolak oleh militer Jerman, yang menginginkan sebuah mobil yang memiliki "body" yang lebih bernuansa militer.

Hasil akhir adalah sebuah mobil yang lebih kotak-kotak, yang kemudian lebih diterima oleh militer Jerman, dan tes lapangan pun dimulai.Hasil uji lapangan untuk Tipe 62 menunjukkan diperlukannya performa "off-road" yang lebih baik, dan Porsche menanggapinya dengan cara memasang "spur gear reduction unit" pada bagian luar hub belakang, dan merancang ulang hub depan. Perubahan ini menurunkan rasio akhir gir dan menambah sekitar 2 inci "ground clearance" untuk Tipe 62, membuat performanya lebih baik untuk medan "off-road". Dikombinasikan dengan tipe-cam "limited slip differential" dan peredam hidrolik untuk stir, Tipe 62 menunjukkan performa "off-road" yang hampir menyamai, dan kadang melebihi, kendaraan "four wheel drive" lainnya. Tipe 62 menggunakan mesin VW berkapasitas 985 cc yang menghasilkan 24 hp, empat percepatan, dan unsynchronized transmission. Tipe 62 pertama dikirimkan ke militer Jerman pada bulan Desember 1939 dan mendapat kode dinas - Tipe 82. Atap kanvas yang dapat dibuka-tutup dipasang, tetapi pemanas belum dipasang sampai tahun 1940. Pada akhir tahun 1940, lebih dari seribu Tipe 82 telah diproduksi. Pada Tipe 82 model awal, panel-panel dashboard masih kecil, dan hanya ada sebuah speedometer, yang kemudian diperbesar ukurannya pada tahun 1941. Perubahan lain adalah pada mesin yang ditingkatkan menjadi 1131 cc yang menghasilkan 25 hp yang dipasang pada bulan Maret 1943.

Sebuah mobil Tipe 82 untuk Korps Afrika Jerman ditangkap pasukan Sekutu pada awal Kampanye Afrika Utara, dan pada tahun 1941 dikirim ke Aberdeen Proving Grounds di Maryland untuk dites dan dievaluasi. Tes menunjukkan walaupun Tipe 82 yang "two wheel drive" tidak dapat mengungguli kemampuan "Jeep" Amerika (American GP) pada kondisi pengemudian yang ekstrim, kemampuan "cross-country"-nya cukup mengesankan. Selain itu Tipe 82 memiliki beberapa keunggulan dibanding Jeep, termasuk: beberapa ratus pon lebih ringan, lebih irit material dalam pembuatan, jarak tempuh yang lebih jauh dengan jumlah bensin yang sama, sangat mudah pengoperasian dan pengurusannya, sangat tangguh, ruang yang cukup untuk empat penumpang, dan lebih lincah dari Jeep. Penilaian "official" kemampuan "cross-country" untuk Tipe 82 model "four wheel drive", dengan "cam-type locking differential" untuk depan dan belakang, telah hilang dengan zaman. Akan tetapi melihat performa Tipe 82 "two wheel drive" yang sebanding dengan Jeep (tanpa locking differentials untuk depan dan belakang), tidaklah mustahil bahwa performa Tipe 82 model "four wheel drive" dapat melebihi Jeep hampir disemua kondisi. Seperti Jerman yang menggunakan kendaraan-kendaraan hasil rampasan perang untuk kegiatan militernya, Sekutu pun menggunakan kendaraan-kendaraan Jerman sitaan perang untuk kegiatannya. Untuk keperluan itu, maka Departemen Perang mengeluarkan buku panduan yang dikategorikan "Restricted", menggunakan prefix huruf "E" (untuk Enemy atau Musuh), yang mencakup pengoperasian dan pengurusan kendaraan dan alat angkutan hasil sitaan perang. Setelah dites, Tipe 82 dari Korps Afrika kemudian dipereteli dan sebuah Manual -- TM E9-803 -- dikeluarkan yang berisikan deskripsi umum, instruksi pengoperasian, dan bagian troubleshooting; instruksi maintenance untuk ekselon satu dan dua, instruksi pengangkutan; dan daftar perangkat-perangkat Amerika yang dapat digunakan dengan Tipe 82. Tipe 82 secara mekanis sangat sama dengan Volkswagen yang dibuat setelah perang, dan manual TM E9-803 kadang dapat dikira sebagai sebuah manual Volkswagen.

Tipe 82 kemudian lebih dikenal sebagai Kubelwagen, Kubelsitzer, atau hanya Kubel saja, nama yang diambil dari "Kubelsitzwagen" atau "bucket seat car", walaupun banyak mobil militer jerman yang menggunakan "bucket seat" juga. Mesin berpendingin udara yang dipakai Kubelwagen memberinya kemampuan untuk beroperasi dengan baik di udara panas (seperti di gurun Sahara) ataupun di kedinginan Eropa Timur, dan kendaraan tersebut telah terbukti lincah dan bandel. Ada empat macam model Kubelwagen, berpenumpang empat, sebuah mobil survey empat penumpang, sebuah ambulan dengan dua kursi tandem disebelah kiri kendaraan dan tempat tidur disebelah kiri, dan sebuah model mobil radio dengan tiga penumpang. Total produksi untuk Kubel model dasar berjumlah sekitar 55,000 unit.

Model lain yang dirancang dari model Kubelwagen adalah mobil ampibi Tipe 166 Schwimmwagen, yang dibuat dalam jumlah besar. Sebanyak 150 Prototype Porsche dibuat dibawah kode Tipe 128 untuk dites lapangan pada tahun 1940, tetapi model ini tidak disetujui untuk produksi. Schwimmwagen akhirnya menggunakan platform KDFwagen yang menggunakan "four wheel drive" dan body seperti sebuah perahu. Penggerak diair menggunakan tiga bilah baling-baling yang disambungkan ke mesin dan dipasang dengan engsel di kap belakang. Schwimmer dapat melaju dengan kecepatan 6 knots di air dan 50 mph di darat. Sebanyak 14,265 Schwimmwagen diproduksi antara tahun 1942 dan 1944.

Beberapa variasi dari Kubelwagen dibuat sebagai prototip, termasuk versi yang menggunakan roda dari rantai baja, versi yang dapat dijalankan diatas rel kereta, dan versi yang memiliki wheelbase pendek 29", tetapi tidak ada satupun yang dibuat dalam jumlah banyak. Modifikasi di lapangan sudah menjadi sangat awam, seperti penambahan baja anti peluru untuk melindungi penumpangnya dari tembakan senjata lawan.

Sebuah model Kubelwagen untuk sipil yang body-nya dirancang ulang, dinamakan Tipe 181. Pertama kali diluncurkan di Amerika pada tahun 1973 sebagai "The Thing". Perubahan termasuk sebuah dashboard yang lebih modern dan komplit, mesin 40 hp, transmissi synchromesh, ban serep didalam bagasi depan, fender-fender yang lebih kotak, pintu yang dirancang ulang, handle pintu baru, pintu depan dengan engsel disisi depan (berbeda dengan Kubel yang engselnya dibagian belakang), lampu sorot yang dipasang didalam fender (Kubel diatas fender), penambahan bemper, dan opsi hard-top dan pemanas ruangan. Perubahan lain adalah saat dihilangkannya "rear hub reduction gears" pada akhir tahun 1973, dan juga dihilangkannya "limited slip differential". Semua Safari yang diimpor ke Amerika adalah buatan Mexico.

VW Safari dibuat diatas casis yang mirip dengan yang dipakai Karmann Ghia. Gir-gir memiliki kesamaan dengan yang dipakai VW Kodok dan Kombi, dan bagian-bagian lainnya adalah unik untuk 181. Dibangun dengan casis yang sama, spesifikasi Safari hampir sama dengan Kodok dan Microbus. Impor ke Amerika diberhentikan pada tahun 1974, walaupun Tipe 181 tetap dibuat dan dijual di Mexico dan Brazil untuk beberapa tahun setelah itu.

Sumber: http://www.vw-indonesia.com (kalo nggak salah)

No comments:

Bookmark This

Popular Posts

Amazon