Friday, March 4, 2011

Conspiracy Theory Behind Unyil

Conspiracy Theory Behind Unyil ini saya dapat beberapa tahun yang lalu dari email. Jadi, sumbernya unknown. Silahkan disimak...

1. Siapakah sebenarnya Kinoy?
Mengapa jati dirinya hampir tak pernah diungkap dalam serial ini? Pertanyaan di atas melahirkan teori konspirasi: Kinoy adalah hasil perselingkuhan. Antara siapa dengan siapa, belum diketahui. Pemikiran ini didasari oleh latar belakang budaya desa Sukamaju yang serba moralis. Tak mungkin rasanya mengumbar aib sesama warga. Sungguh memprihatinkan... padahal serial ini sarat pesan moral bagi anak-anak...

2. Apa hubungan antara Ableh, Ucrit dan Orang Gila Hutan Lindung?
Pertanyaan diatas melahirkan teori konspirasi: Ucrit adalah anak si orang gila (who remains anonymous) yang diculik oleh Ableh. Mengapa? Karena coba Anda perhatikan anatomi wajah ketiganya yang hampir mirip. Ketika orang gila bernyanyi 'dimana anakku, dimana istriku...', sebenarnya kita dapat  memberitahu keberadaan Ucrit yang aman jaya sentausa di dalam desa Sukamaju. Mungkin Ableh pun dapat buka mulut, tetapi karena dia ada dalam bayang-bayang Pak Ogah yang selalu mendominasi, terjadi inferioritas dalam pembawaannya sehingga ia tampak cenderung sebagai yes man. Ini membawa kita ke pertanyaan selanjutnya:

3. Siapa sebenarnya Pak Ogah?
Pertanyaan diatas melahirkan teori konspirasi: Ogah adalah seseorang yang disusupkan pihak luar untuk menyeimbangkan keadaan Desa Sukamaju yang aman tentram loh jinawi. Mengenai apa maksud dan tujuan aslinya, masih merupakan misteri hingga kini. Mungkinkah ia ingin membentuk semacam regenerasi dengan meracuni Cuplis? Perlu kita ingat: potongan rambut, penampilan dan sebagainya.. . bagi generasi muda sangat berpengaruh. Apalagi Cuplis tergabung dalam Band Dekil. Mental anak band yang secara tipikal sangat labil... adalah sasaran empuk bagi pihak-pihak pengacau.

4. Apakah Meilan menyimpan hati bagi Unyil?
Pertanyaan diatas melahirkan teori konspirasi: Benar. Tetapi karena ada perbedaan kultur dan agama, hal ini tak dapat terjadi. Ini juga faktor penyeimbang dalam Desa Sukamaju. Mengenai cinta segitiga Meilan, Ucrit dan Unyil seperti pernah diparodikan di acara Extravaganza Trans TV beberapa waktu lalu, rasanya tak mungkin terjadi mengingat gender Ucrit yang selama ini masih menjadi pertanyaan orang banyak. Hanya dua orang yang benar-benar tahu mengenai hal ini yaitu Ucrit sendiri, dan Ableh selaku ayah angkat yang bersangkutan. Tapi sekali lagi: mereka tutup mulut.

5. Benarkah Unyil adalah tokoh sentral?
Pertanyaan di atas melahirkan teori konspirasi: Unyil adalah kedok Pak Lurah dan Pak Raden untuk menyajikan drama kehidupan desa fantastis, dengan  bungkusan cerita seputar anak. Bila kita kaji dengan seksama, Si Unyil bukan hanya bercerita mengenai Unyil semata, melainkan mengenai intrik-intrik yang terjadi di Desa Sukamaju. Mengapa Pak Lurah dan Pak Raden? Mereka inilah otak dibalik berjalannya kehidupan sosio-kultural desa Sukamaju.

6. Ada apa sebenarnya di Hutan Lindung?
Pertanyaan di atas melahirkan teori konspirasi: Hutan lindung adalah dunia nyata. Desa Sukamaju lah yang merupakan desa percontohan - atau boleh dibilang daerah eksperimental- untuk kehidupan ideal. Bila disejajarkan dengan film barat, Desa Sukamaju itumirip kota Stepford dalam film Stepford Wives. Mengapa dibentuk desa eksperimental seperti itu? Inilah misteri yang masih belum terkuak sampai hari ini. Ya, begitulah beberapa hipotesa teori konspirasi yang terungkap berdasarkan diskusi ilmiah yang terjadi siang ini.

Mungkin akan menimbulkan kericuhan, bahkan silang pendapat akut... tapi yang jelas, seperti kata Mulder pada Scully (The X file) ...*The Truth is Out There..*

No comments:

Bookmark This

Popular Posts

Amazon