Sunday, February 13, 2011

Ukuran Payudara Ideal 2

Sebuah referensi menyebutkan, idealnya masing-masing payudara memiliki berat sekitar 750 gram. Tinggi dari lingkaran terluar sampai puting berkisar 10 hingga 15 cm dan volume antara 350 sampai 500 cc. Kalau disesuaikan menurut ukuran bra, hasilnya adalah 34 B sampai 36 B.
Namun, apakah payudara berukuran 36 B merupakan payudara yang sehat? Jawabnya, belum tentu. Karena itu, dr Irsan Hanafi, Sp OG, menegaskan agar para wanita sebaiknya tidak perlu berkecil hati bila memiliki ukuran payudara lebih kecil dari ukuran tersebut.
“Yang penting bisa mengeluarkan ASI dengan lancar dalam jumlah cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi,” ujar dokter spesialis kebidanan dan kandungan dari RS Jakarta ini.
Pertumbuhan payudara ditentukan oleh hormon dan faktor genetik. Jika seorang anak perempuan berasal dari keluarga yang para wanitanya memiliki payudara besar, kemungkinan ia untuk memiliki payudara besar pun lebih tinggi daripada anak yang berasal dari keluarga yang para wanitanya berpayudara tidak besar.
Pada saat pertumbuhan payudara, estrogen merupakan hormon yang paling penting. Tentu, estrogen tidak bekerja sendiri. Ia dibantu oleh hormon progesteron, prolaktin, dan hormon pertumbuhan.
Semuanya bekerja sama “menumbuhkan” payudara, terutama ketika masa puber. Keempatnya juga nantinya berpengaruh pada banyak tidaknya ASI yang dihasilkan oleh seorang perempuan.
Sumber: Kompas.com

No comments:

Bookmark This

Popular Posts

Amazon